MATARAM 5 Maret 2019 – Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya menggelar Sosialisasi Program Pendirian Dan Pengembangan Kelembagaan Incubator Bisnis Teknologi (IBT) Tahun 2019 untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Sosialisasi ini dinilai penting dilakukan untuk memberikan informasi kepada Lembaga incubator di Wilayah Bali dan Nusa Tenggara untuk mengikuti program tersebut. “Penumbuhkembangan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) di wilayah Bali dan Nusa Tenggara dinilai cukup pesat akan tetapi tidak berbanding lurus dengan tumbuhnya Lembaga IBT di wilayah tersebut, sosialisasi ini dinilai penting untuk menumbuhkembangkan Lembaga IBT dengan kualitas yang unggul baik dari program pendirian IBT maupun penguatan tata kelola IBT yang sudah ada” Kata Kepala Seksi Lembaga Inkubator Bisnis Teknologi Kemenristekdikti, Tekad Iman Sumarisman di Hotel Aston Inn Mataram, Selasa 5 Maret 2019.

Dihadapan puluhan peserta yang hadir, Tekad menyampaikan sejumlah informasi terkait skema pemberian bantuan untuk pendirian dan pengembangan kelembagaan IBT tahun 2019. Misalnya syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan fasilitasi, siapa saja yang bisa mendapatkan fasilitasi tersebut, mekanisme seleksi, dan besaran bantuan yang diberikan oleh Kemenristekdikti untuk program tersebut.  Dalam kesempatan ini turut hadir pula sebagai pembicara yaitu I Wayan Budiastra yang merupakan pakar IBT dari Institut Pertanian Bogor. “Konsep Inkubator Bisnis Teknologi perlu diberikan untuk memberikan gambaran pemahaman yang benar mengenai konsep dasar IBT, menyamakan persepsi tentang konsep IBT untuk memacu penumbuhkembangan IBT yang baik dan benar di Indonesia, dan mendorong proses Inkubasi yang baik untuk mencapai tujuan penumbuhkembangan PPBT” Kata Wayan sapaannya. Wayan juga menjelaskan tentang definisi Inkubator, perbedaaan Inovasi dan Invensi, pengenalan istilah dalam proses inkubasi, generasi Inkubator Bisnis sesuai sejarah pertumbuhannya, program-program Inkubasi bisnis teknologi, faktor keberhasilan proses inkubasi, tipe–tipe Inkubator, praktik inkubasi bisnis yang baik, model-model inkubasi bisnis, dan contoh Inkubator bisnis teknologi yang ada di Indonesia.

Sosialisasi ini disambut baik dan penuh antusias oleh para peserta yang hadir baik dari perwakilan Perguruan Tinggi baik Negeri maupun swasta di Wilayah Bali dan Nusa Tenggara serta Kepala Inkubator dari Pemerintah Daerah wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Mereka berharap bisa mendapatkan bantuan baik untuk pendirian maupun pengembangan kelembagaan IBT tahun 2019 ini.(DS/KSTLP)