Jambi (01/03/2019). Pelaksanaan Kegiatan Pendirian dan Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) pada Tahun 2019 diawali dengan kegaitan sosialisai yang dibagi menjadi 5 Wilayah, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi-Maluku-Papua, dan Bali-Nusa Tenggara. Kegiatan Sosialisasi  Wilayah Sumatera  dipusatkan di Kota Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 01 Maret 2019 bertempat di Hotel Swiss Bell Jambi. Pada kegiatan sosialisasi tersebut Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menggandeng Asosisasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) yang selama ini menjadi wadah IBT seluruh Indonesia. Kemenristekdikti diwakili oleh Tekad Iman Sumarisman selaku Kepala Seksi Lembaga Inkubator, Subdit Lembaga Inkubator dan Intermediasi Teknologi sedangkan AIBI diwakili oleh Asril F Syamas selaku Ketua AIBI.

Asril F Syamas memaparkan tentang sejarah IBT, konsep dasar IBT, generasi IBT, pemahaman secara utuh tentang kegiatan IBT  dan ditutup dengan contoh sukses inkubator bisnis teknologi yang ada di Indonesia. Dalam paparannya Asril menegaskan bahwa inkubator di Indonesia masih jauh tertinggal di negara negara Asia bahkan di Asia Tenggara. Mengingat besarnya potensi yang ada di Indonesia, Ketua AIBI juga mengajak para institusi perguruan tinggi, pemerintah daerah maupun masyarakat untuk dapat mendirikan dan mengembangkan IBT di daerah masing masing.

Pemaparan dilanjutkan oleh Tekad Iman Sumarisman, yang memaparkan tentang seleksi pendirian dan pengembangan IBT. Salah satu lembaga penunjang yang diperlukan dalam mendukung hiliriasi dan peningkatan daya saing hasil litbang adalah IBT. IBT berperan dalam penyediaan sarana dan prasana inkubasi bisnis bagi perusabaan pemula berbasis teknologi serta menjembatani interaksi antara pelaku litbang dan industri. Tahun 2019 Kemenristekdikti memberikan 5 (lima) fasilitasi pendirian IBT dan 20 (dua puluh) fasilitasi pengembangan kelembagaan IBT. Mekanisme yang digunakan berupa seleksi dengan pengiriman Borang sesuai yang tercantum pada Petunjuk Teknis Pendirian dan Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis Teknologi Tahun 2019.

Kegaitan sosialiasi ini dihadiri oleh 25 orang yang terdiri dari 13 Institusi terdiri perguruan tinggi dan pemerintah daerah yang berada di wilayah Sumatera. Diharapkan dari peserta yang hadir dapat mengikuti proses seleksi baik itu pendirian IBT maupun. (TKD/KSTLP)